Pages

Jumat, 10 Juni 2011

Introduce Dinosaurs - Era Dinosaurus

Apa itu dinosaurus? Kata dinosaurus berasal dari bahasa yunani yang berarti kadal yang menakutkan. Hmm,, ya, kata ini dilontarkan oleh seorang ahli anatomi dan paleontologi Inggris pada tahun 1842, Sir Richard Owen. Makhluk ini merupakan makhluk yang digadang-gadang oleh ahli-ahli paleontologi sebagai "penguasa" bumi lebih dari 140 juta tahun yang lalu. Kalau lebih tepatnya di era Mesozoikum, 248 juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Era Mesozoikum sendiri dibagi pada tiga periode, yaitu periode Triasik, Jurasik dan Kapur.


Dinosaurus merupakan hewan bertulang belakang (sehingga berada di upafilum vertebrata). Pada dasarnya dinosaurus merupakan makhluk yang hidup di darat (Garry McCall, Expert Guide Dinosaurs from Allosaurus to Tyranosaurus, 2005). Jadi menurut McCall, dinosaurus tidak memiliki sayap atau sirip karena dinosaurus termasuk arkosaurus, kelompok reptilia yang juga termasuk buaya, pterosaurus (reptilia terbang), plesiosaurus (reptilia laut), iktiosaurus, dan burung. Namun bukan berarti reptilia laut dan terbang tersebut termasuk dinosaurus. Dinosaurus adalah reptilia, namun tidak semua reptilia termasuk dinosaurus. Tapi ada sepuluh ribuan burung yang dikonfirmasi sebagai dinosaurus (wikipedia). Hal ini berawal dari penemuan archaeopetrix tahun 1861 di jerman. Archaeopetrix memiliki bulu seperti burung, tapi juga memiliki gigi dan jari seperti dinosaurus.

Kaki-kaki dinosaurus terletak langsung dibawah badannya, sehingga binatang ini berdiri tegak dan beban berat badannya langsung kebawah. Sebagian besar reptilia mempunyai bentuk tubuh mendatar dengan siku mengarah keluar ke sisi, sehingga perutnya dekat dengan tanah. Dinosaurus juga termasuk kelompok digitigrade, berjalan diatas jari kakinya seperti kucung atau burung, sebaliknya reptilia pada umumnya termasuk plantigrade, berjalan dengan kaki ditapakkan datar seperti manusia atau beruang.

Dinosaurus memiliki dua ordo yaitu ordo Sauriskia dan ordo Ornitiskia. Sauriskia (berpinggul kadal) memiliki tulang kemaluan yang mengarah kebawah ke depan. Sauriskia dominan pada periode triasik dan jurasik. Ornitiskia (berpinggul burung) merupakan dinosaurus yang memiliki pinggul yang lebih lebar dengan tulang kemaluan yang mengarah ke bawah dan ke arah ekor. Ornistikia merupakan herbivora dan susunan tulang kemaluan ini memungkinkan ada ruang untuk usus panjang yang diperlukan untuk mencerna makanan yang berupa tanaman. Ornitiskia dominan pada periode kretaseus atau kapur.

Rentang Waktu

Rentang waktu bumi ini dibagi menjadi 4 eon, dan masing-masing eon dibagi lagi menjadi beberapa era, yaitu sebagai berikut.

  1. Hadean
    eon ini terjadi dari awal pembentukan bumi sampai 3.8 milyar tahun yang lalu
  2. Arkean
  3. eon ini terjadi 3.8 milyar tahun yang lalu sampai 2.5 milyar tahun yang lalu. Walau dalam penentuan batas waktu eon ini tidak menggunakan studi mengenai sejarah, komposisi dan umur relatif serta distribusi perlapisan tanah dan interpretasi atau lapisan-lapisan batuan yang biasa disebut dengan stratigrafi melainkan menggunakan kronometri, yaitu metode penanggalan berdasarkan pengamatan saja. Titik awal eon ini tidak diakui oleh International Commission on Stratigraphy, tapi dianggap bermula di akhir eon sebelumnya yaitu akhir eon hadean. Eeon ini dibagi 4 era
    • Eoarkean
      berawal dari 3.8 milyar tahun lalu hingga 3.6 milyar tahun lalu
    • Paleoarkean
      berawal dari 3.6 milyar tahun lalu hingga 3.2 milyar tahun lalu
    • Mesoarkean
      berawal dari 3.2 milyar tahun lalu hingga 2.8 milyar tahun lalu
    • Neoarkean
      berawal dari 2.8 milyar tahun lalu hingga 2.5 milyar tahun lalu
  4. Proterozoikum
    eon ini merupakan eon berkembangnya kehidupan kompleks dimuka bumi ini. Eon ini berlangsung dari 2.5 milyar tahun lalu sampai 542 juta tahun lalu. Eon ini dibagi menjadi tiga era, yaitu sebagai berikut.
    • Paleoproterozoikum
      berawal dari 2.5 milyar tahun lalu hingga 1.6 milyar tahun lalu
    • Mesoproterozoikum
      berawal dari 1.6 milyar tahun lalu hingga 1 milyar tahun lalu
    • Neoproterozoikum
      berawal dari 1 milyar tahun lalu hingga 542 juta tahun lalu
  5. Fanerozoikum
    eon ini memliki kehidupan hewan yang sangat banyak. Eon ini berlangsung dari 542 juta tahun lalu sampai sekarang. Eon ini dibagi menjadi
    • Kenozoikum
      berawal dari 542 juta tahun lalu hingga 252 juta tahun lalu
    • Mesozoikum
    • berawal dari 252 juta tahun lalu hingga 66 juta tahun lalu
    • Paleozoikum 
    • berawal dari 66 juta tahun lalu hingga sekarang
Atau lebih jelasnya dapat dilihat dari tabel rentang waktu berikut

Sumber: wikipedia

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata 
Kelas : Reptilia
Subordo : Dinosaurus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar