Pages

Jumat, 10 Juni 2011

Greek Mythological Creatures

Yunani banyak menyimpan makhluk-makhluk legenda dan mitos. Berikut adalah makhluk-makhluk legenda Yunani.







Makhluk dari Ras, Suku, dan Kelas Mistik

1. Gigantes
      Gigantes (Raksasa) merupakan anak Gaia (Bumi). Raksasa lahir setelah dibuahi oleh darah Uranus. 
       
       
       
       
       
    2. Hecatonchires
    Hekatonkheire (bahasa Yunani: Ἑκατόγχειρες) yang berarti "bertangan seratus" adalah raksasa dalam Mitologi Yunani yang memiliki lima puluh kepala dan seratus lengan yang kuat. jumlahnya ada tiga: Briareus atau Aigaion, Kottus, dan Giges atau Gies. Mereka adalah anak dari Gaia dan Uranus







    3. Hyperboreans
    Hyperborea merupakan orang-orang mistis yang tinggal di Trakia

















    4. Ipotane
    Ipotane merupakan ras setengah kuda setengah manusia. Ipotane merupakan versi asli dari satyr.







    5. Kobalos
    Kobalos adalah makhluk nakal yang suka menipu dan menakutkan manusia.






    6. Machlyes
    Machyles merupakan suku libya kuno. Menurut Herodotus, wanita muda mereka suka mengadakan ritual perang tahunan dengan menggunakan tongkat dan batu melawan suku tetangga, Ausseans. Mereka adalah ras hemaphrodite, setengah pria setengah wanita, dengan sisi wanita yang lebih sering menggunakan praktek bela diri.







    7. Monopodes atau Skiapodes
    Monopodes adalah makhluk mitologi seperti kurcaci yang hanya memiliki satu kaki yang berukuran besar.














    8. Nymphs
    Makhluk wanita yang biasanya berbentuk seperti alam tempat dia tinggal.











    9. Panes
    Pan adalah dewa gembala, perburuan, dan menyukai musik.











    10. Panotii
    Panotii merupakan ras manusia dengan telinga yang besar yang menutupi hingga seluruh tubuhnya









    11. Pygmies
    Pygmies adalah manusia liliput

    12. Satyrs dan Satyresses
    Satyr adalah manusia setengah kambing.

    13. Sileni
    Manusia setengah kuda yang termasuk dalam rombongan Dionisos

    14. Telchines
    Telchins adalah penduduk asli dari pulau rhode. Makhluk ini adalah penemba besi yang cekatan. Mereka membuat trisula untuk poseidon dan sabit untuk cronus.

    Makhluk Buas Fantastis 

    1. Amphisbaena
    Amphisbaena memiliki dua kepala, satu di bagian atas, satu lagi di bagian ekornya. Makhluk ini berbentuk ular dan beracun.










    2. Areion
    Dalam mitologi Yunani, Areion (Yunani: Ἀρείων) adalah kuda abadi keturunan dewa. Areion lahir dari hubungan Demeter dan Poseidon.














    3. Balius and Xanthus
    Balius dan Xanthus adalah dua ekor kuda abadi, keturunan dari harpy Podarge dan angin barat, Zephyros. Ada juga yang mengatakan mereka ini adalah anak Zeus.








    4. Basilisk
    Basilisk (dari bahasa Yunani: βασιλίσκος basiliskos, raja kecil, bahasa Latin: Regulus) adalah reptil dalam legenda Eropa yang dikenal sebagai raja ular dalam mitologi (serpent) dan memiliki kemampuan untuk menimbulkan kematian bila menatapnya.






    5. Calydonian Boar
    Babi Kalidon adalah salah satu monster dalam mitologi Yunani yang harus ditangkap oleh para pahlawan. Babi ini dikirim oleh Artemis untuk memporak-porandakan daerah Kalidon di Anatolia karena rajanya tidak menghormati para dewa. Babi ini dibunuh dalam Perburuan Babi Kalidon yang melibatkan banyak pahlawan lelaki, tetapi yang menang justru adalah wanita yaitu Atalanta yang menggunakan panahnya. Menurut Strabo[1], Babi Kalidon merupakan keturunan dari Babi Krommionia yang dikalahkan oleh Theseus.

    6. Ceryneian Hind
    Dalam mitologi Yunani, Rusa Kerineia (Bahasa Yunani: ἡ Κερυνῖτις ἔλαφος), juga disebut Kerinitis, adalah seekor rusa besar yang hidup di Keryneia, Yunani. Rusa ini adalah binatang keramat dewi Artemis, dewi bulan dan dan perburuan. Rusa in memiliki tanduk emas dan kuku dari kuningan atau tembaga. Rusa ini mampu berlari lebih cepat daripada panah. Euristheus memerintahkan Herakles untuk menangkap rusa ini sebagai tugas ketiga Herakles.

    7. Chimera

    Chimaira (Yunani: Χίμαιρα; Chímaira) adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor ular, dan berkepala singa, namun beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan (kambing dan singa), atau gabungan dari ketiga hewan tersebut. Chimaira mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Kadang-kadang Chimaira menjadi lambang kekuatan setan.


    8. Cithaeronian lion
    Singa Cithaeron adalah singa yang hidup di wilayah pegunungan Cithaeron. Singa ini dibunuh oleh Heracles. Kulitnya digunakan sebagai baju dan kulit kepalanya digunakan sebagai helm oleh Heracles.

    9. Cretan Bull
    Banteng Kreta adalah hewan yang dicintai oleh Pasifae dan merupakan ayah dari Minotaur.

    10. Crommyonian Sow (Phaia)
    Babi Kromion adalah babi monster yang menteror kawasan kromian. Babi monster ini peliharaan penyihir wanita bernama Phaia. Ada versi yang mengatakan bahwa Phaia adalah monster babi itu sendiri yang menjelma menjadi wujud babi untuk menteror kawasan kromian. Akhirnya babi ini dibunuh oleh Theseus.

    11. Cerberus
    Cerberus adalah anjing penjaga dunia bawah (Underworld) yang mencegah orang-orang melewati sungai Styx. Anjing ini digambarkan memiliki banyak kepala, pada umumnya diceritakan anjing ini memiliki tiga kepala, versi lain ada yang menceritakan anjing ini memiliki dua kepala, bahkan ada yang hanya satu kepala. Versi lainnya bahkan menceritakan anjing ini memiliki 50 kepala.

    12.Orthus
    Orthus adalah anjing berkepala dua berekor ular yang masih bersaudara dengan Cerberus dan Chimera. Orthus merupakan anak dari echidna dan thypon. Tuannya adalah raksasa bernama Geryon, raja dari pulau Erytheia. Orthus menjadi penjaga ternak-ternak berkulit merah milik Geryon.

    12. Dragons
    Naga pada umumnya adalah binatang seperti kadal raksasa bersayap yang bisa mengeluarkan api dari mulutnya. Ada banyak naga dalam mitologi Yunani, antara lain ladon, larnaean hydra, phyton, naga colchian , dan naga ismenian.

    13. Ladon
    Ladon adalah naga berbentuk ular yang melilit pohon di Taman Hesperides dan menjaga Apel Emas. Dia akhirnya dikalahkan oleh Heracles (Hercules). Dalam versi lainnya, Heracles tidak membunuh Ladon.

    14. Lernaean Hydra
    Hidra (bahasa Yunani: Ὕδρα) merupakan seekor Dragon dalam mitologi Yunani. Monster ini berbentuk ular atau naga yang memiliki sembilan buah kepala. Setiap salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh/membentuk satu atau dua buah kepala yang baru. Hydra juga memiliki napas dan darah yang beracun. Hydra bersarang di danau Lerna di Argolid, karena itu makhluk ini disebut juga Lernaean Hydra. Tempat tersebut juga merupakan salah satu jalur masuk menuju dunia bawah. Hydra merupakan keturunan Typhon dan Echidna. Hydra akhirnya dikalahkah oleh Herakles.

    15. Phyto atau Phyton
    Dalam mitologi Yunani, Pithon adalah dragon (naga) yang menjaga Orakel Delfi. Ketika Leto hendak melahirkan, Hera mengirim Python untuk menyerang Leto. Apollo, anak Leto yang baru lahir kemudian membunuh Python untuk melindungi ibunya. Apollo membunuhnya dengan panahnya dan mengambil alih Orakel Delfi. Setelah itu, Apollo menyelenggarakan perlombaan Pithia dan memberi nama peramalnya Pithia untuk mengenang naga Pithon.

    16. The Colchian Dragon
    Naga yang besar ini adalah anak dari Echidna dan Typhon. Naga ini menjaga bulu domba emas di Colchis. Dikatakan dia tidak pernah tidur, istirahat, ataupun mengurangi kewaspadaannya saat menjaga bulu domba emas tersebut. Naga ini memiliki jambul dan tiga lidah di mulutnya. Ketika Jason ingin mengambil bulu domba tersebut, penyihir Medea membiusnya dengan sihir dan obatnya, tapi ada versi lain yang mengatakan Orpheus membuat naga ini tidur dengan suara kecapinya. Setelah itu Medea menarik naga ini dengan kereta tempurnya.

    17. The Ismenian Dragon
    Naga ini keturunan dari Ares yang nantinya akan mengubah para pahlawan menjadi naga. Naga ini akhirnya dibunuh oleh Cadmus.

    18. Erymanthian Boar
    Dalam mitologi Yunani, Babi Erimanthios (Yunani: Ἐρυμάνθιοs ὁ κάπρος; Latin: Erymanthius aper) adalah makhluk yang harus ditangkap oleh Herakles dalam rangka menyelesaikan tugas keempatnya. Herakles mngunjungi Khiron terlebih dahulu untuk mendapatkan saran mengenai cara menangkap babi tersebut, dan Khiron menyuruhnya untuk menggiring babi itu ke dalam salju tebal. Pada pertengahan musim dingin, Herakles melakukan usahanya dan berhasil. Setelah menangkap babi tersebut, Herakles mengikat dan membawanya ke Euristheus, yang takut dan bersembunyi. Euristheus kemudian menyuruh Herakles untuk menyingkirkan binatang itu yang dituruti oleh Herakles.

    19. Griffins
    Griffin (Yunani: gryphos ; Persia: شیردال; shirdal : “singa-rajawali” ) (disebut juga Gryphon) adalah makhluk legendaris bertubuh singa tetapi bersayap dan berkepala rajawali. Selayaknya singa, makhluk ini menjadi “Raja hewan buas” dan sebagai burung rajawali, ia menjadi “Raja di udara”. Oleh sebab itu, Griffin merupakan penggambaran makhluk yang paling berkuasa atas kedua hal tersebut dan dijuluki sebagai “Raja hewan buas dan penguasa udara”. Di dalam tradisi Yunani, makhluk ini digambarkan sebagai makhluk yang cukup berbahaya dan tinggal di gunung-gunung.

    20. Hippocampus
    Hippokampos (bahasa Yunani: ἱπποκαμπος) atau kuda air adalah makhluk mitologi Yunani yang memiliki tubuh bagian depan kuda dan bagian belakang ikan. Hippokampos sering digambarkan memiliki sisik berwarna hijau dan juga sirip. Poseidon menggunakan dua atau empat ekor Hippokampos untuk menarik keretanya melintasi lautan. Orang Yunani kuno percaya bahwa Hippokampos merupakan makhluk dewasa dari kuda laut.

    21. Hippalectryon
    Hippalectryon atau hippalektryon adalah makhluk campuran mitologi yunani yang memiliki tubuh setengah kuda setengah ayam jago dengan bulu berwarna kuning. Bagian depan dari makhluk ini berupa kuda, namun sayap, ekor, dan kakinya berwujud ayam.

    22. Ichthyocentaurs
    ichthyocentaurs (atau ikhthyokentauroi) adalah sepasang dewa laut centaurine yang memiliki bagian atas manusia, bagian bawah kuda dan memiliki ekor ikan serta bertanduk capit lobster. Dua dewa laut ini adalah Bythos dan Aphros. Dewa laut ini mengingatkan kita kepada zodiac pisces. Dua dewa laut ini adalah anak dari poseidon dan dewi laut, Amphitrite.

    23. Karkinos
    Karkinos (Carcinus) adalah kepiting raksasa yang merupakan anak buah dari hydra saat berperang melawan Herakles di Lerna. Herakles berhasil mengalahkannya, namun hydra menjadikannya salah satu gugusan bintang yang kita kenal dengan nama Cancer.

    24. Khalkotauroi
    Khalkotauroi adalah salah satu makhluk dalam mitologi Yunani yang muncul dalam kisah Jason dan Bulu Domba Emas. Khalkotauroi adalah dua banteng yang besar dengan mulut dan kuku perunggu serta bisa mengeluarkan napas api. Di Argonautica, Jason dijanjikan hadiah bulu domba oleh raja Aetes jika dia bisa membuat makhluk ini membajak ladang. Ladang ini nantinya akan ditaburi gigi naga. Jason bertahan dari semburan api banteng ini berkat ramuan ajaib yang melindungi dia dari panas. Ramuan ini diberikan oleh Medea, anak dari raja Aetes, yang jatuh cinta pada Jason. Khalkotauroi adalah hadiah dari dewa

    25. Laelaps

        * Mares of Diomedes
        * Nemean Lion
        * Onocentaur
        * Ophiotaurus
        * Pegasus
        * Phoenix
        * Stymphalian Birds
        * Teumessian fox

    Monster dan Makhluk Jahat

        * Akko
        * Alphito
        * Argus Panoptes
        * Cetus
        * Charybdis (Kharybdis)
        * Chrysaor
        * Delphyne
        * Echidna
        * Empousa
        * Eurynomos
        * Furies or Erinyes, or Eumenides
        * Gello
        * Gorgons
        * Graeae
        * Harpies
        * Kampe
        * Lamia
        * Minotaur
        * Mormo
        * Mormolykeia
        * Scylla (Skylla)
        * Siren
        * Sphinx
        * Sybaris
        * Talos
        * Taraxippus
        * Typhon

    sumber: wikipedia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar